Rabu, 02 Desember 2015

Proses penggabungan frp lining

Proses penggabungan frp lining hal pertama yang harus di lakukan adalah mengasari permukaan pipa yang kan di joint dengan frp lining, tujuannya adalah untuk agar resin bisa menyatu dengan pipa yang akan kita joint kemudain stel pipa, setelah di pastikan bibir pipa tidak ada celah berikan DEMPUL agar di celah celah keci sambungan terisi rapat.

Setelah dempul setengah kering mulailah pelapisan dengan menggunakan serat fiber sebanyak 3 atau 4 lapis. yakinkan bahwa pelapisan sempurna tidak ada udara terjebak di dalam serat fiber. tunggu beberapa saat sampai pelapisan pertama tadi mengalami massa perekatan yang mengakibatkan panas pada bagian yang telah di lapis.

Setelah yakin hasil lapisan pertama kering dan mulai dingin kita bisa melapis kembali dengan frp lining jumblah lapisan 3 sampai 4 layer .di setiap lapisan serat fiber per layernya semakin melebar agar hasil sambungan lebih terlihat rata dan mempunyal kekuatan yang lebih baik dari pada hanya menumpuk lapisan-lapisan serat fiber tersebut dengan leba yang sama.

Pemasangan seperti ini sebebtulnya membutuhhkan kepresisisan antara ujung pipa yang akan di joint harus rapat sempurna. karena jika tidak sempurna terdapat celah diantara sambungan tersebut itu dapat mengakibatkan pipa pecah jika dia mendapatkan hentakan saat pipa terisi oleh fluida atau yang biasa kita sebut dengan back pressure. mungkin untuk satu atau dua kali pipa mendapatkan tekanan balik (back pressure) pipa akan tahan, tapi jika terus terjadi secara continue pipa akan pecah.

Proses frp lining


Jika karet yang digunakan berkualitas buruk, maka akan berdampak tidak baik dalam proses industri. Dalam frp lining ada juga yang terkenal dengan proses polyurethan merupakan bahan yang dicampur dalam campuran plastik serta karet. Tujuannya untuk memperoleh pelarutan dari material yang memiliki sifat terbaik. Polyurethan mampu menahan gesekan, keausan mesin, tahan dengan panas maupun dingin. Polyurethan dalam lining process menjadi pengganti dalam rubber lining.

Vulkanisasi dalam proses frp lining dalam industry merupakan proses perubahan kompon karet yang semula memiliki sifat plastis menjadi memiliki sifat elastis. Sehingga karet akan mudah dibentuk sesuai dengan keperluan industri. Proses vulkanisasi memerlukan panas dari listrik, udara, fluid bed sebagai media penyalur panas. Tanpa proses vulkanisasi pun karet dapat digunakan. Namun memang akan suit jika industri menghendaki karet atau yang dikenal pula sebagai rubber dibentuk dalam sebuah proses di mesin industri. Jika anda memerlukan proses frp lining seperti itu maka anda harus menerapkan system tersebut. Industri akan dengan mudah menerapkan lining process. Tanpa perlu repot untuk mengerjakan sendiri. Serba modern dalam teknologi semakin memudahkan banyak industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar